5 Cara Mengatasi Kapalan di Tangan

5 Cara Mengatasi Kapalan di Tangan

TEMPO.CO, Jakarta – Meski tidak berbahaya, kapalan di tangan sering kali menjadi keluhan banyak orang karena tampilannya yang kasar dan dapat mengganggu penampilan. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Dilansir dari Healthline, kapalan adalah area kecil di kulit menjadi terangkat dan keras dan disebabkan gerakan berulang yang menghasilkan gesekan pada kulit. Seiring waktu, sel-sel kulit mati menumpuk dan mengeras.

Kapalan terasa tebal dan kenyal saat disentuh. Kulit di bawah dan di sekitar kapalan terasa sensitif terhadap tekanan. Selain di tangan, kapalan juga bisa berkembang di jari tangan, kaki, telapak tangan, dan telapak kaki.

Beberapa aktivitas bisa menyebabkan kapalan, mulai dari mengecat dinding, memegang setir, bermain bisbol atau kriket, berkebun, dan bahkan meletakkan tangan di atas keyboard dalam posisi tertentu.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kapalan di tangan.

1. Rendam kapalan dalam air hangat

Dilansir dari American Academy of Dermatology, kapalan bisa dikurangi perlahan dengan merendam tangan kapalan ke dalam air hangat. Lakukan ini selama sekitar 5-10 menit atau sampai kulit menjadi lembut.

2. Kikir kapalan dengan batu apung

Pertama-tama, celupkan batu apung ke dalam air hangat, lalu gunakan batu tersebut untuk mengikir kapalan dengan lembut. Gunakan gerakan melingkar atau menyamping untuk mengangkat kulit mati. Berhati-hatilah untuk tidak melepas terlalu banyak kulit agar tidak menyebabkan pendarahan dan infeksi.

Iklan

3. Oleskan losion atau krim

Oleskan pelembab ke area kapalan setiap hari. Cari losion atau krim pelembap dengan asam salisilat, amonium laktat, atau urea. Bahan-bahan ini akan membantu melunakkan kapalan secara bertahap.

4. Krim eksfoliasi

Krim eksfoliasi juga dapat bekerja untuk mengelupaskan sel kulit mati dan menghilangkan kapalan secara perlahan. Namun, cobalah untuk tidak terlalu agresif dengan krim eksfoliasi, dan carilah bahan-bahan alami seperti biji kenari hitam atau biji aprikot yang digiling halus yang akan lembut di kulit.

5. Pasta soda kue

Pasta soda kue dapat digunakan untuk mengelupas kulit sekaligus mendorong pergantian sel baru. Campurkan soda kue dan air dengan perbandingan yang sama, lalu oleskan ke kapalan. Kulit yang keras akan melunak. Pastikan untuk mencuci bersih tangan menggunakannya.

Pilihan Editor: Kapalan Melindungi Kaki Lebih Baik daripada Sepatu 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *