5 Dampak Buruk Makan Larut Malam

5 Dampak Buruk Makan Larut Malam

TEMPO.CO, Jakarta – Kebiasaan makan larut malam memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Memang tidak ada larangan untuk makan malam. Bahkan baik untuk kesehatan apabila makanan yang dikonsumsi sehat dan Anda masih mengikuti jam makan malam yang dianjurkan. Namun, lain halnya dengan makan tengah malam.

Kebiasaan ini justru bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, apalagi jika sudah menjadi kebiasaan. Berikut beberapa dampak buruk makan larut malam.

1. Gangguan tidur

Dikutip dari Times of India, orang yang makan larut malam umumnya cenderung tidur larut malam. Hal ini mengakibatkan siklus tidur terganggu. Hal itu juga bisa menjadi alasan di balik mimpi yang membingungkan di malam hari.

2. Meningkatkan risiko diabetes

Risiko utama makan larut malam adalah sering kali menyebabkan konsumsi lebih banyak kalori. Sebuah studi oleh para peneliti di Universitas Northwestern menemukan bahwa makan lebih dekat dengan waktu tidur dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Kondisi ini terjadi karena total asupan kalori harian yang lebih tinggi dan jumlah waktu makan yang lebih banyak. Pertambahan berat badan ketika tidak terkendali menjadi kronis dan menyebabkan obesitas.

3. Penambahan berat badan

Iklan

Pada sebuah studi dalam The American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa makan larut malam dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Hal ini dikarenakan metabolisme tubuh Anda melambat pada malam hari. Selain itu, pada malam hari tidak seefektif membakar kalori seperti pada siang hari. Jadi, makan terlambat menyebabkan penambahan berat badan.

4. Meningkatkan risiko GERD

Salah satu efek kesehatan dari makan larut malam adalah risiko GERD. Penyakit gastro-oesophageal reflux (GERD) adalah gangguan sistem saluran pencernaan, di mana asam lambung naik ke kerongkongan (esofagus). Jika Anda ngemil larut malam dan berbaring tengkurap, asam lambung Anda mulai naik kembali ke kerongkongan Anda. 

5. Peningkatan tekanan darah

Makan dan tidur larut malam juga bisa menyebabkan hipertensi dan diabetes. Dilansir dari Food.ndtv.com, studi telah menghubungkan tekanan darah tinggi atau hipertensi dan kadar gula darah yang lebih tinggi dengan kebiasaan makan larut malam atau makan malam melewati waktu ideal jam 7 malam.

Pilihan Editor: Mengapa Makan Larut Malam Harus Dihindari?



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *