7 Makanan Manusia yang Berbahaya bagi Anjing

7 Makanan Manusia yang Berbahaya bagi Anjing

TEMPO.CO, Jakarta – Memberikan makanan manusia kepada anjing dapat menjadi bentuk pemberian kasih sayang. Tetapi ada beberapa makanan yang harus dihindari karena dapat menyebabkan keracunan dan masalah kesehatan serius pada anjing.

Dilansir dari Healthline, berikut makanan manusia yang tidak boleh diberikan ke anjing.

1. Cokelat dan Produk Berbasis Kakao

Cokelat mengandung zat teobromin yang tidak dapat dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan anjing. Zat ini dapat menyebabkan keracunan pada anjing, menyebabkan muntah, diare, kenaikan suhu tubuh, dan bahkan masalah jantung yang serius. Semakin gelap cokelatnya, semakin tinggi kandungan teobrominnya, dan semakin berbahayanya bagi anjing.

2. Bawang dan Bawang Putih

Bawang dan bawang putih mengandung senyawa yang dapat merusak sel darah merah pada anjing sehingga menyebabkan anemia. Gejalanya termasuk kelemahan, muntah, diare, dan kesulitan bernafas. Menghindari memberikan makanan dengan bawang atau bawang putih, termasuk makanan dengan campuran bumbu yang mengandung bahan ini, adalah penting untuk kesehatan anjing.

3. Anggur dan Kismis

Anggur dan kismis bisa sangat berbahaya bagi anjing. Makanan ini dikaitkan dengan keracunan ginjal yang serius pada hewan peliharaan. Meskipun penyebab pastinya belum sepenuhnya dipahami, dianjurkan untuk tidak memberikan makanan atau camilan apa pun yang mengandung anggur atau kismis kepada anjing.

4. Avokad

Iklan

Avokad mengandung persin, sebuah senyawa yang dapat beracun bagi anjing dan menyebabkan muntah, diare, serta masalah pencernaan lainnya. Biji avokad yang besar dan keras juga dapat menyebabkan tersedak atau bahkan menyumbat usus anjing.

5. Alkohol

Alkohol dapat menyebabkan keracunan pada anjing dengan gejala yang mirip dengan keracunan alkohol pada manusia. Efek alkohol pada anjing jauh lebih parah karena sistem pencernaan dan metabolisme mereka berbeda. Bahkan jumlah kecil alkohol bisa sangat berbahaya bagi anjing. Alkohol dapat menyebabkan kerusakan organ internal, muntah, kebingungan, dan bahkan koma.

6. Kafein

Kafein mengandung senyawa yang disebut xanthine, yang dapat menyebabkan masalah pada sistem saraf, jantung, dan pernapasan anjing. Makanan atau minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, atau minuman berenergi, tidak boleh diberikan kepada anjing.

7. Produk Susu

Beberapa anjing mengalami intoleransi laktosa dan kesulitan mencerna produk susu. Memberikan produk susu pada anjing bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare.

Pilihan Editor: 5 Makanan Manusia yang Tak Boleh Diberikan ke Kucing



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *