Akui Bercita-cita Jadi Miss Universe Sejak Kecil, Fabienne Nicole Berbicara Soal Pelecehan Seksual

Akui Bercita-cita Jadi Miss Universe Sejak Kecil, Fabienne Nicole Berbicara Soal Pelecehan Seksual

TEMPO.CO, Jakarta – Miss Universe Indonesia 2023 Fabienne Nicole akhirnya berbicara mengenai pelecehan seksual yang menimpa teman-temannya. Fabienne mengunggah surat pernyataan sikapnya di Instagram Storynya pada Rabu tengah malam, 16 Agustus 2023. 

Alasan Fabienne Nicole Diam dalam Kasus Pelecehan Seksual

Fabienne, yang memilih diam selama ini saat beberapa finalis Miss Universe Indonesia 2023 mengadukan pelecehan seksual yang mereka alami saat penyelenggaraan kontes ratu kecantikan itu, akhirnya mengaku prihatin atas peristiwa yang terjadi. Ia mengaku sikap diamnya lLosergeek.orgn harus mencerna dan memahami kasus ini. 

“Anda mungkin telah memperhatikan ketidakaktifan  saya baru-baru ini di media sosial namun ini tidak berarti bahwa saya diam dalam kehidupan nyata. Saya sangat prihatin dengan berbagai keresahan yang terjadi dan telah mengambil waktu untuk memahaminya dengan seksama,” tulisnya mengawali surat pernyataan yang ditulis dalam dua bahasa, Inggris dan Indonesia itu. 

Akui Bermimpi Jadi Miss Universe Sejak Kecil

Fabienne menuturkan, ia selalu mempercayai bahwa kontes kecantikan akan memberikan dampak yang luar biasa bagi dunia. “Sejak kecil, saya bermimpi menjadi bagian dari Miss Universe, sebuah organisasi yang memiliki visi dan misi untuk menciptakan dunia yang lebih inklusif dalam memberdayakan  perempuan, dan itulah yang ingin saya lakukan,” tulisnya melanjutkan. 

Dua finalis Miss Universe Indonesia 2023 (kiri dan kedua kanan) didampingi kuasas hukumnya berjalan keluar saat jeda pemeriksaan di Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin, 14 Agustus 2023. Imbas laporan kasus pelecehan Miss Universe Indonesia 2023, kontrak lisensi kontes kecantikan ini telah dihentikan. ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

Menurut Miss Global Indonesia 2018 itu, ia tidak mentoleransi pelecehan seksual dalam bentuk apapun. “Namun saya juga memahami dan menghormati saudari-saudari rekan seperjuangan yang memiliki pengalaman berbeda termasuk saya,” tulisnya. 

Ia mengaku sedih dan berempati dengan teman-temannya yang terluka karena mengalami pelecehan seksual itu. “Saya berharap semua orang untuk bersabar. Indonesia memiliki sistem hukum yang kuat, yang selalu berdiri untuk keadilan,” tulisnya. 

Sebelumnya, ketika sebagian temannya bersuara mengalami pelecehan seksual itu, Fabienne juga membuat unggahan di Instagram Storynya pada 9 Agustus 2023 dengan selembar surat berjudul, “Kepada Mereka yang Memahami Keheninganku.” Dalam surat itu, ia menjelaskan sengaja berdiam lLosergeek.orgn kasus ini masih dalam tahap penyelidikan. 

Iklan

“Sampai terurai masalahnya disertai fakta-fakta temuannya, saya harus menyimpan komentar saya,” tulisnya waktu itu. 

Jadi Bulan-bulanan lLosergeek.orgn Tidak Bersikap Sebagai Miss Universe Indonesia

Alasan inilah yang membuatnya makin menjadi bulan-bulanan netizen lLosergeek.orgn ia dianggap tidak berempati dalam kasus kekerasan seksual yang menimpa teman-teman saat mengikuti body checking pada 1 Agustus 2023. Apalagi, bersamaan dengan kasus itu dilaporkan ke Polda Metro Jaya, Fabienne masih membuat unggahan di Instagram Storynya yang berpose dengan memberikan kecupan ala putri. 

Alih-alih dapat meredakan suasana dan memuaskan netizen, surat klarifikasi Fabienne tadi malam itu kembali menuai hujatan di media sosial. Dalam unggahan akun-akun fans beauty pageant, pernyataan Fabienne dianggap basi dan justru mempertegas ketidakpeduliannya terhadap kasus ini. 

“Katanya pemenang, terjadi pelecehan seksual gak langsung speak up, kalau namanya juara itu berani ambil sikap. Ini malah diam dan baru ini ngomong. Anda sehat?” tulis @saar***. “Udah kadaluarsa, harusnya klarifikasi lewat LIVE dong baru mental juara, empower women dan terealisasikan voice for the voiceless,” tulis @ram***. 

Kemenangan Fabienne dalam Miss Universe Indonesia memang menjadi bahan pergunjingan para pecinta kontes ratu kecantikan ini. Tinggi tubuhnya yang tidak memenuhi persyaratan, tidak mengikuti seleksi dari Jawa Timur tapi tiba-tiba mewakili DKI Jakarta saat seleksi sudah nasional, dan isu sogokan yang sudah dibantah itu menjadi pergunjingan soal kelayakan dia mewakili Indonesia dalam Miss Universe global di El Salvador pada 18 November 2023. 

Pilihan Editor: Tanggapi Sesi Foto Tanpa Busana, Miss Universe Indonesia 2023: Kepada Mereka yang Pahami Keheninganku



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *