Budi Karya: Operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung Mulai 1 Oktober, tapi Bisa Geser

Budi Karya: Operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung Mulai 1 Oktober, tapi Bisa Geser

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa uji coba gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan digelar pada 1 September 2023. Uji coba tersebut sekaligus periode pengenalan terhadap masyarakat mengenai sepur kilat.

“Sampai saat ini rencana kami tetap operasi di 1 Oktober dan kami melakukan uji coba gratis 1 September 2023,” ujar Budi Karya dalam wawancara bersama Reuters dikutip pada Sabtu, 12 Agustus 2023. 

Budi Karya menjelaskan untuk operasional sepur kilat ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan komparasi dengan light rail transit atau LRT Jabodebek. Di mana LRT Jabodebek yang awalnya akan diluncurkan pada 18 Agustus, lalu dievaluasi dan mundur menjadi 26 Agustus 2023. Hal itu, kata Budi Karya, sesuai arahan Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

“Yang harus diketahui kereta api kalau sudah berjalan tidak bisa berhenti lagi, operasi harus jalan terus,” ucap Budi Karya.

Budi Karya juga mengaku selalu melaporkan progres proyek yang masuk ke dalam proyek strategis nasional itu. Budi Karya mengatakan kepada Jokowi bahwa hendaknya perlu konservatif dan jangan terlalu berorientasi kepada target waktu, karena kereta cepat ini pertama di Indonesia dan di ASEAN.

Budi Karya berujar, jika LRT Jabodebek diundur, maka harus dilakukan pula pada kereta cepat. “Rencana tetap 1 September, 1 Oktober operasi, tapi ini bisa geser,” tutur dia. Alasannya untuk memastikan seluruh pengujian selesai.

Selanjutnya: Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung….



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *