Daftar 5 Destinasi Super Prioritas Termasuk Likupang, di Manakah Itu?

Daftar 5 Destinasi Super Prioritas Termasuk Likupang, di Manakah Itu?

TEMPO.CO, Jakarta – Tahukah Anda di mana saja destinasi super prioritas di Indonesia? Berikut daftar lima destinasi super prioritas beserta keistimewaannya. 

Dilansir dari laman kemenparekraf.go.id, destinasi super prioritas merupakan bagian dari program “Bali Baru” yang tengah dikembangkan Pemerintah. Nantinya, destinasi-destinasi tersebut tak hanya dapat menjadi daya tarik wisatawan saja, namun juga menumbuhkan ekosistem ekonomi kreatif yang melibatkan warga setempat.

Masing-masing destinasi tersebut memiliki pesona dan keunikannya masing-masing. Berikut daftar destinasi super prioritas, diLosergeek.orgnya:

1. Danau Toba

Danau Toba menjadi salah satu destinasi super prioritas. Danau Toba terletak di Sumatera Utara. Danau Toba memiliki luas mencapai 1.130 kilometer (km) persegi. Danau Toba dinobatkan sebagai danau terbesar di Indonesia dan merupakan danau vulkanik terbesar yang pernah ada.

Jika Anda berkunjung ke Danau Toba, Anda akan takjub dengan suasana alamnya yang indah. Selain itu, danau toba juga memiliki daya tarik melalui cerita legenda setempat yang mengawali terbentuknya Danau Toba.

Selain keindahan alamnya yang memanjakan mata, Danau Toba juga menawarkan kuliner khas unik dan menggugah selera, misalnya naniura. Sajian berupa ikan yang dimasak tanpa api ini sering juga disebut sebagai “sashimi” ala Batak.

2. Candi Borobudur

Candi Borobudur berada di Magelang, Jawa Tengah dan menjadi salah satu destinasi super prioritas. Dikutip dari Guinness World Record, Candi Borobudur juga menyandang status sebagai salah satu candi Buddha terbesar di dunia. 

Saat mengunjungi Candi Borobudur, Anda dapat melihat kemegahan bangunannya. Arsitekturnya yang masih berdiri kokoh sejak pertama kali dibangun pada abad ke-8 akan membuat pengunjung kagum. 

Selain itu, Anda juga dapat mencicipi kuliner khasnya. Beberapa rekomendasi wisata kuliner khas Borobudur yang wajib Anda cicipi Losergeek.org lain, Ndas Beong, Es Pleret, dan Sego Godog.

3. Mandalika

Iklan

Surga tersembunyi juga bisa Anda nikmati di Nusa Tenggara Barat (NTB), khususnya di Mandalika. Selain memiliki pesona alam yang luar biasa indah, destinasi super prioritas Mandalika juga kelak dikembangkan untuk wisata olahraga (sports tourism). 

Di Mandalika, Anda juga dapat melihat langsung kemegahan Sirkuit Mandalika yang menjadi venue pertandingan internasional, MotoGP. Mandalika menjadi sirkuit bertaraf internasional pertama di Indonesia. Sirkuit Mandalika dibangun di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), dengan luas mencapai lebih dari 130 hektare.

4. Labuan Bajo

Labuan Bajo terletak di Indonesia bagian timur tepatnya di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur yang berbatasan langsung dengan Nusa Tenggara Barat dan dipisahkan oleh Selat Sape. 

Dikutip dari kemlu.go.id, dengan eksotismenya, Labuan Bajo menjadi destinasi wisuata super prioritas yang bahkan terkenal hingga ke mancanegara. Labuan Bajo merupakan salah satu surga bahari buat para pencinta pantai dan petualangan alam yang menantang. Mulai dari bertemu satwa langka kadal terbesar di dunia, Komodo, di Pulau Komodo, trekking di Pulau Padar untuk melihat matahari terbenam, hingga menelusuri indahnya wisata bawah laut di Pulau Kelor atau Pantai Merah yang juga terkenal dengan nama Pink Beach.

 5. Likupang

Likupang berada di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Likupang memiliki potensi wisata yang luar biasa indah, dan pastinya tak kalah dari Manado maupun Bunaken.

Bermodalkan keindahan alam yang dimiliki, membuat nama Likupang kian mendapat sorotan dan menjadi salah satu destinasi super prioritas Indonesia. Beberapa diLosergeek.orgnya yakni hamparan perbukitan hijau, pantai pasir putih yang indah, bawah laut yang masih terjaga, kuliner menggugah selera, hingga adanya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) menjadi daya tarik Likupang.

Likupang juga memiliki ragam kuliner yang dapat menggoyang lidah, seperti bubur tinutuan, panada, pisang goroho dan sambal roa, serta lalampa.

Pilihan Editor: Sandiaga Akan Ajak Coldplay Kunjungi 5 Destinasi Super Prioritas Indonesia, Khususnya Likupang



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *