Jelang Piala Dunia U-17 2023, Perawatan Stadion Gelora Bung Tomo akan Diperketat

Jelang Piala Dunia U-17 2023, Perawatan Stadion Gelora Bung Tomo akan Diperketat

TEMPO.CO, Jakarta – Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata Kota Surabaya bakal memperketat perawatan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) menjelang pelaksanaan Piala Dunia U-17 2023. 

“Pemeliharaan terus dilakukan karena GBT digunakan untuk kompetisi, dan lapangan latihan juga dipakai untuk latihan klub-klub lokal,” kata Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata Surabaya Wiwiek Widayati dalam keterangannya di Surabaya, Rabu, 2 Agustus 2023.

Ia memastikan bahwa pemeliharaan di Stadion GBT masih berjalan pada bagian stadion utama dan tiga lapangan penunjang untuk latihan. Pemerintah Kota Surabaya juga sudah membuat pagar di lapangan A, B, dan C yang sering digunakan untuk latihan. Pagar tersebut mengelilingi seluruh lapangan. 

Pembenahan akses jalan juga menjadi prioritas. Pembenahan akan beriringan dengan perawatan rutin untuk rumput di lapangan mulai dari pemupukan dan pemberian vitamin rumput. Selain itu, juga pengecatan akibat kebocoran ketika hujan hingga perbaikan sarana dan prasarana lain.

Perawatan Stadion GBT tersebut telah mendapat pujian dari perwakilan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) Senior Tournaments Manager, Marely Flores-Martinez. FIFA memuji cara pengelola merawat dua lapangan sepak bola lainnya yakni Lapangan Thor dan Gelora 10 November (G10N) Surabaya. “Mereka sangat mengapresiasi maintenance (teknis pemeliharaan) yang kami lakukan,” ujar Wiwiek.

Iklan

Wiwek mengatakan, saat kunjungannya ke Surabaya, FIFA mengecek kondisi di Stadion GBT, Lapangan Thor dan Lapangan G10N. Pemeriksaan dilakukan terhadap lapangan utama, rumput, ruang ganti pemain, ruang CCTV, ruang konferensi pers, ruang koordinasi pertandingan, dan gerbang utama akses masuk stadion. “Bahkan mereka juga melihat rumput, kamar mandi hingga fasilitas lainnya,” katanya.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan bahwa Stadion GBT siap digunakan sebagai arena pertandingan Piala Dunia U-17 2023. “Pada waktu pertama kali ada pengumuman Indonesia ditunjuk sebagai U-17, Ketua PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) Pak Erick Thohir kontak saya dan saya menyampaikan, Surabaya siap dan mengajukan diri untuk menjadi venue,” kata dia.

Menurut Eri, seluruh fasilitas Stadion GBT sudah sesuai standar FIFA. Ia akan merasa bangga Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah pertandingan Piala Dunia U-17 2023. Ia berharap Kota Surabaya terpilih sebagai salah satu arena pertandingannya.

Pilihan Editor: Timnas U-17, dengan Memakai Nama Garuda United U-17, Hadapi Barcelona Juvenil A Rabu Malam Ini, Live di Indosiar



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *