Kata-kata Jurgen Klopp Usai Tunjuk Virgil van Dijk Menjadi Kapten Baru Liverpool

Kata-kata Jurgen Klopp Usai Tunjuk Virgil van Dijk Menjadi Kapten Baru Liverpool

TEMPO.CO, Jakarta – Pelatih Liverpool Jurgen Klopp telah menunjuk Virgil van Dijk menjadi kapten baru Si Merah menggantikan Jordan Henderson yang hengkang ke klub Arab Saudi Al Ettifaq FC. Menurut dia, penunjukan itu adalah sebuah keputusan yang tepat.

Klopp menilai bek tengah 32 tahun itu memiliki segalanya untuk memimpin skuat The Reds baik di dalam maupun di luar lapangan. “Virgil memiliki segalanya untuk diharapkan menjadi kapten klub sepak bola. Tentu saja, dari segi kepribadian, semuanya ada. Dia ingin menjadi pemimpin, dia adalah seorang pemimpin,” kata Klopp, dikutip dari laman resmi klub, Selasa.

Penunjukan Van Dijk sebagai kapten baru The Reds, kata Klopp, adalah penunjukan yang tepat dan ia putuskan secara langsung. Apalagi, jabatan sebagai kapten juga bukan hal baru bagi mantan pemain Southampton itu.

Semasa masih ada Henderson dan James Milner, ia sudah menjabat sebagai kapten ketiga. Selain itu, bersama tim nasional Belanda, dengan memiliki 58 caps dan enam gol sejauh ini, Van Dijk telah didapuk sebagai kapten tim sejak Maret 2018. “Itu keputusan saya. Kami harus membuat keputusan dan saya telah memikirkannya,” kata Klopp.

“Ketika saya melihat reaksinya, saya sangat senang untuknya. Saya adalah kapten Mainz 05 untuk sementara waktu dan itu hal yang baik untuk dimiliki tetapi saya tidak pernah merasakan hal semacam ini. Tapi jelas menjadi kapten Liverpool sama sekali berbeda. Saya melihat dia sangat senang, jadi saya juga senang untuknya. Sekarang, kami bisa mulai bekerja,” ujar Klopp.

Sejak datang dari Southampton pada Januari 2018, Van Dijk telah tampil 222 kali pada semua ajang dengan mencetak 19 gol dan 12 assists. Selama lebih dari lima musim membela tim Merseyside, bek bertinggi 1,93 meter itu memenangkan tujuh trofi yaitu Liga Champions 2018/2019, Liga Inggris 2019/2020, Piala Super Eropa 2019, Piala Dunia Antar Klub 2019, FA Cup 2021/2022, Piala Liga 2021/2022, dan Community Shield 2022.

Iklan

Klopp percaya bahwa penunjukan kapten baru terhadap Van Dijk dapat membuat perubahan struktur dan budaya baru Liverpool ke arah yang tepat. “Dia harus melangkah, seperti kita semua harus melangkah karena kita terbiasa dengan hal-hal yang selalu ada dan sekarang kita harus menciptakan sesuatu yang baru, struktur baru, budaya baru, dan itu sangat menarik.” 

“Dia akan memainkan peran besar dalam hal itu, dia harus melakukannya. Dengan jabatan sebagai kapten sekarang, saya cukup yakin saat dia merasakan kebanggaan, dia merasakan kehormatan,” ujar mantan pelatih Borussia Dortmund tersebut.

Selain menunjuk Virgil Van Dijk sebagai kapten utama, Klopp juga menunjuk Trent Alexander-Arnold sebagai wakil kapten. Jabatan wakil kapten sebelumnya dipegang oleh James Milner.

Pilihan Editor: Belum Ikut TC, Welber Halim Jardim Tetap Masuk Skuad Timnas U-17 Indonesia untuk Uji Coba di Bali



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *