Kebakaran di Lantai 6 Gedung BPS RI: Diduga Korsleting Listrik, Kertas-kertas Hangus

Kebakaran di Lantai 6 Gedung BPS RI: Diduga Korsleting Listrik, Kertas-kertas Hangus

TEMPO.CO, Jakarta – Gedung Badan Pusat Statistik (BPS) RI, Jakarta Pusat terbakar hari ini. Salah satu petugas Pemadam Kebakaran (damkar) Sektor Senen, Dirgaeko Warianto, menyebut si jago merah melahap lantai 6 Gedung BPS RI sekitar pukul 09.45 WIB. 

“Damkar mendapat laporan bahwa di lantai 6 BPS ada asap tebal. Sampai di TKP (tempat kejadian perkara), benar informasi dari bagian dari engineering,” kata Eko saat ditemui di lokasi, Jalan Dr. Sutomo Nomor 6-8, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakpus, Minggu, 20 Agustus 2023. 

Eko menjelaskan kebakaran ini menyebabkan sejumlah kertas yang terletak di pojokan lantai 6 Gedung BPS hangus. Dia memastikan tak ada korban jiwa atau luka akibat insiden ini. 

Dugaan sementara, kebakaran terjadi karena korsleting listrik. “Dugaan sementara disebabkan karena korsleting listrik, karena di situ ada kulkas dan dispenser mengeluarkan asap,” ucap Eko. 

Menurut dia, sebanyak 18 personel dan empat unit mobil pemadam dikerahkan untuk menjinakkan api. Petugas pun terlebih dulu memakai alat bantu pernapasan mandiri atau Breathing Apparatus (SCBA) sebelum masuk ke ruangan yang terbakar. 

Iklan

Salah satu staf BPS RI, Syafitrianto, menceritakan bahwa orang-orang di dalam gedung sudah berupaya memadamkan api menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) sebelum petugas damkar tiba. Staf lain bernama Gede Andreana menambahkan, api berhasil dipadamkan kurang lebih 45 menit lamanya. 

“45 menit api padam. Sejauh ini sudah aman dan sudah bisa diakses kembali,” kata Gede saat ditemui di lokasi kebakaran. 

NINDA DWI RAMADHANI

Pilihan Editor: Sentul City Laporkan Seorang Perwira Tinggi TNI AU atas Dugaan Penyerobotan Lahan



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *