Ketahui Ragam Penyebab AC Mobil Bocor

Ketahui Ragam Penyebab AC Mobil Bocor

TEMPO.CO, Jakarta – Berkendara mobil di tengah cuaca panas seperti di sebagian wilayah Indonesia tentu membutuhkan kenyamanan dan fitur penting dan wajib tersedia adalah air conditioner disingkat AC mobil. Hal ini karena AC memiliki fungsi untuk mengatur suhu ruangan kabin mobil dan memberikan rasa nyaman selama di perjalanan.

Namun, pengguna mobil seringkali merasakan AC mobil yang tidak dingin dan salah satu penyebabnya adalah adanya kebocoran pada sirkuit AC. Pada umumnya, seperti dikutip dari laman Suzuki Indonesia, kebocoran pada AC disebabkan oleh beberapa hal.

Penyebab AC Mobil Bocor

1. Masa pakai

Seluruh komponen yang ada paa mobil memiliki masa pakainya masing-masing. Jika AC mobil Anda mengalami kebocoran, segera periksa seluruh komponen, seperti kondensor, evaporator, dryer, dan lainnya. Kebocoran pada AC menjadi salah satu indikator bahwa komponen pada AC mobil Anda sudah habis masa pakainya.

2. Saluran AC tersumbat

Filter dryer pada AC yang tidak berfungsi maksimal dapat mengakibatkan terjadinya penyumbatan. Penyumbatan tersebut dapat disebabkan oleh kotoran dan debu yang menumpuk dalam selang freon. Sumbatan ini bisa memicu kebocoran AC mobil bahkan mengakibatkan kompresor jebol hingga mati total.

3. Kekurangan freon

Iklan

Kebocoran pada AC mobil dapat terjadi ketika terdapat lubang atau retakan pada selang freon mobil. Hal tersebut akan membuat kompresor bekerja lebih keras untuk memompa freon ke seluruh sistem supaya dapat mendinginkan kabin mobil.

4. Terlalu banyak mengisi freon

Terlalu banyak mengisi freon akan memicu kompresor mati total atau rusak. Hal ini karena daya pompa kompressor tidak akan kuat untuk bekerja dengan freon yang kepenuhan. Karenanya pastikan Anda mengisi freon dengan benar lewat teknisi yang terpercaya dan berpengalaman. 

5. Kebocoran pada seal

Seal merupakan pelapis karet. Jika komponen ini mengalami keretakan atau robek, dapat mengakibatkan kebocoran. Kerusakan pada seal menyebabkan kinerja kompresor memompa gas freon ke sistem AC jadi melemah. Inilah juga yang menyebabkan embusan udara dari AC mobil kurang dingin. 

Pilihan editor: Seri AC Mobil: Mengenal Cara Kerja AC Mobil Sejukkan Kabin



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *