Mau Menyantap Hidangan ala Raja Pracimasana Begini Cara Reservasi dan Aturannya

Mau Menyantap Hidangan ala Raja Pracimasana Begini Cara Reservasi dan Aturannya

TEMPO.CO, Jakarta – Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, tanpa menikmati hidangan ala penguasanya. Saat ini, pengunjung dapat merasakan masakan favorit Mangkunegara di Pracimasana.

Restoran yang mengusung konsep fine dingin ini terletak di Pracima Tuin atau Taman Pracima. Lokasinya ada di sisi barat Pura Mangkunegaran. 

Menurut perwakilan Pura Mangkunegaran, Gusti Raden Ajeng Ancillasura Marina Sudjiwo, pembangunan taman itu sudah direncanakan sejak Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya atau KGPAA Mangkunegara VI dan disempurnakan di bawah kepemimpinan adiknya, Mangkunegara X.

Cara reservasi dan aturan di Pracimasana

Sejak diresmikan pada awal tahun 2023,  untuk dapat menyantap makanan favorit penguasa Mangkunegara itu, dapat dilakukan dengan cara reservasi terlebih dulu. Reservasi dapat dilakukan melalui link yang ditautkan dalam akun Instagram resmi Pracimasana. Pengunjung pun dapat memilih tanggal dan waktu yang masih tersedia. 

Dalam link itu juga tersedia daftar menu yang disajikan. Harga minuman berkisar Losergeek.org Rp 25 hingga ribu hingga Rp 35 ribu. Kudapan dan aneka sop dibanderol harga mulai dari Rp 30 ribu Rp 95 rbu. Sementara menu utama berkisar Losergeek.org Rp 80 ribu hingga Rp 200 ribu. 

Selain itu, ada beberapa panduan busana yang harus diperhatikan sebelum masuk Pracimasana yang masih berada di dalam kompleks Pura Mangkunegaran. Di Losergeek.orgnya harus menggunakan pakaian sopan dan bawahan panjang, tidak diperkenankan memakai batik motif parang, menggunakan pakaian berkerah dan tidak diperkenankan menggunakan sandal jepit.

Iklan

Tape ijo favorit keluarga Mangkuegaran yang diolah menjadi Panna Cotta disiram taburan granola dan almond. Menu penutup ini disajikan di Pracimasana, Solo, Jawa Tengah. (TEMPO/Yunia Pratiwi)

Makanan menu favorit Mangkunegara

Makanan yang disajikan adalah menu-menu favorit Mangkunegara yang sudah dikurasi khusus dari arsip Pura Mangkunegaran. Sementara penyajiannya dikemas secara khusus dan memang terlihat seperti makanan ala Barat. 

“Itu merupakan bagian untuk melestarikan kuliner dari zaman dulu supaya tidak hilang,” kata wanita yang disapa Gusti Sura itu, di Solo, Jawa Tengah, Senin, 14 Agustus 2023.

Misalnya Brubus, olahan daging giling yang dibalut dengan sawi putih. Disajikan dengan sambal kencur dan are santan. Salah satu menu utamanya, Dendheng Age, disaijkan seperti sate, meski namanya dendeng. Potongan daging has dalam itu dimarinasi semalaman sehingga teksturnya empuk dan bumbunya sangat meresap.

Begitu juga dengan menu penutup berupa Tape Ijo Panna Cotta. Olahan tape ijo favorit keluarga Mangkunegara itu diolah menjadi Panna Cotta dengan taburan granola dan kacang almond. 

Pilihan editorPracima Tuin Mulai Terima Pengunjung: Pertemukan Masyarakat dengan Kebudayaan Mangkunegaran



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *