Megawati, Rachmawati Soekarnoputri dan 2 Cucu Soeharto Pernah Jadi Anggota Paskibraka

Megawati, Rachmawati Soekarnoputri dan 2 Cucu Soeharto Pernah Jadi Anggota Paskibraka

TEMPO.CO, Jakarta – Salah satu yang menarik dari upacara peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah parade Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka. Pasalnya, pengibaran Bendera Merah Putih saat upacara 17 Agustus merupakan sesi paling sakral dari seremonial ini. Menjadi bagian dari anggota Paskibraka tentu menjadi kebanggaan tersendiri.

Keluarga presiden ternyata juga ada yang pernah menjadi anggota Paskibraka. Mereka adalah anak presiden pertama RI Sukarno yakni Megawati Soekarnoputri dan Rachmawati Soekarnoputri. Serta cucu presiden kedua RI Soeharto yakni Danty Rukmana dan Wiratama Hadi Ramanto. Berikut ulasannya, dirangkum Tempo.co dari berbagai sumber.

1. Megawati Soekarnoputri

Anak kedua dan putri pertama Bung Karno, Megawati Soekarnoputri pernah jadi anggota Paskibraka. Megawati, sapaannya, menjadi pasukan pengibar sang saka merah putih pada 1964. Tak hanya sebagai anggota, kala HUT Proklamasi RI ke-19 itu, dia bahkan menjadi pembawa baki.

Pengalamannya itu diceritakannya saat melepas purna Paskibraka pada 2021 lalu. Putri Bung Karno dengan Fatmawati ini mengaku bangga karena membawa bendera asli yang dijahit sang ibu. Pengalaman Presiden RI ke-5 ini juga tergolong unik karena dia menerima bendera pusaka itu dari sang ayah.

2. Rachmawati Soekarnoputri

Putri pertama Bung Karno dengan Fatmawati, Rachmawati Soekarnoputri juga pernah jadi anggota Paskibraka. Rachmawati menjadi anggota Paskibraka pada 1966. Dalam potret lawas yang beredar, Rachmawati juga ditugaskan menjadi pembawa baki pada HUT Proklamasi RI-21 itu. Dia dikenal sebagai pengacara dan politikus Indonesia. Rachmawati juga diketahui sebagai pendiri sekaligus Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Bung Karno. Dia meninggal pada 3 Juli 2021 lalu.

Iklan

3. Danty Rukmana

Danty Rukmana adalah anak pasangan Indra Rukmana dan Siti Hardianti Rukmana atau yang akrab dipanggil Tutut Soeharto. Danty pernah menjadi anggota Paskibraka pada 17 Agustus 1990. Diceritakan, dia mengikuti seleksi anggota Paskibraka tanpa sepengetahuan pihak keluarga. Cucu Soeharto ini ditugaskan menjadi pembawa baki bendera. Dia menerima bendera yang akan dikibarkan dari sang kakek, Presiden Soeharto.

4. Wiratama Hadi Ramanto

Jejak Danty diikuti oleh sepupunya, Wiratama Hadi Ramanto, putra tunggal Mamiek Soeharto dengan Pratikno Singgih. Wira menjadi sorotan para tamu dan wartawan yang berada di Istana Negara, ketika Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY mengukuhkan anggota Paskibraka 2007. Wira adalah cucu mantan Presiden Soeharto yang terpilih dari hasil seleksi calon Paskibraka dari Provinsi Banten.

Pilihan Editor: Megawati Menerima Penghargaan dari Purna Paskibraka Indonesia



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *