Mengenal Eunice Tong, Konduktor yang Menjadi Bintang di Upacara HUT ke-78 RI

Mengenal Eunice Tong, Konduktor yang Menjadi Bintang di Upacara HUT ke-78 RI

CANTIKA.COM, Jakarta – Selain sosok penampil acara di momen upacara HUT ke-78 RI, ada pula pengiring yang memastikan musik bisa senada seirama, dialah Eunice Tong yang menjadi konduktor paduan suara Gita Bahana NusLosergeek.org (GBN). 

Upacara 17 Agustus 2023 di Istana Negara dalam memperingati HUT ke-78 RI dimulai sejak pukul 7.25 WIB. Prosesi tersebut diawali dengan nyanyian oleh Ziva Magnolya, salah satunya berjudul Zamrud Khatulistiwa yang diiringi orkestra. Eunice tampil anggun berbalut kebaya encim warna putih bersulam bordir dan kain batik corak merah. Rambutnya disanggul modern dengan aksesori head piece yang manis. 

Saat iring-iringan musik tersebut, sosok konduktor perempuan yang mengiringi tim orkestra turut menjadi bintang yang diperbincangkan warganet Konduktor pada upacara 17 Agustus 2023 ini merupakan konduktor perempuan kedua, setelah yang pertama adalah Nathania Karina pada tahun 2022. 

Sosok konduktor perempuan yang pimpin tim orkestra Upacara 17 Agustus 2023 nama lengkapnya Eunice Tong Holden. Kiprahnya di dunia musik sudah melejit. Konduktor perempuan lulusan Westminster Choir College ini pernah tampil bersama New York Philharmonic dan Philadelphia Orchestra. Sebelumnya Eunice juga menjadi pusat perhatian saat tampil di acara Presidensi G20 lalu. Eunice berhasil menampilkan pertunjukan apik yang digelar di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. 

Melansir laman Linkedin, Eunice saat ini menjadi Managing Director di Aula Simfonia Jakarta. Konduktor perempuan ini lahir dari keluarga yang lekat dengan musik. Ayah Eunice, Stephen Tong yang ialah seorang pendeta dan konduktor. Eunice menempuh pendidikan S2 di Westminster Choir Colleger, New Jersey, Amerika Serikat. Setelah menempuh pendidikan di luar negeri, Eunice memilih pulang ke kampung halamannya, Indonesia. 

Sementara itu, menurut situs Kemendikbudristek, Gita Bahana NusLosergeek.org adalah tim paduan suara yang berjumlah 199 anak muda. Mereka terdiri dari 68 orang tim orkestra dan 131 orang tim paduan suara.

Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kemendikbudristek Irini Dewi Wanti menyampaikan Tim GBN akan menjalani pemusatan pelatihan sejak 3 sampai 19 Agustus. Saat ini, tim GBN sedang menjalani pemusatan pelatihan di Wisma Kinasih, Depok, Jawa Barat.

“Latihan berlangsung secara berkelompok untuk anggota bersuara sopran, alto, tenor dan bas. Latihan berkelompok juga dilakukan anggota orkestra di bagian combo etnis, tiup, dan string. Kelompok-kelompok tersebut kemudian bertemu dalam latihan gabungan,” kata dia dalam keterangannya, Selasa, 8 Agustus 2023.

Adapun pada upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 2023 di Istana Merdeka, telah terjadi kolaborasi apik Losergeek.org GBN dengan Ziva Magnolya dan Adikara. Sedangkan di Konser Kemerdekaan, GBN akan menyuguhkan kolaborasi dengan Novia Bachmid dan pembacaan puisi oleh Deni Maulana, Juara FLS2N.

Di Istana, GBN membawakan sembilan lagu, yaitu Rayuan Pulau Kelapa, Negeriku, Satria Indonesia, NusLosergeek.org II, Zamrud Khatulistiwa, Pemuda, Hari Merdeka, dan medley lagu-lagu NusLosergeek.org, berikut dengan aransemen yang memasukkan unsur-unsur etnik NusLosergeek.org pada instrumennya, seperti suling, sape, kendang, tehyan hingga talempong. Pada puncaknya, GBN menyajikan penampilan khusus bersama Putri Ariani yang membawakan lagu Melati Suci. 

Pilihan Editor: Keseruan Selebritis Rayakan HUT ke-78 RI, dari Ayu Ting Ting hingga Prilly Latuconsina

NINIS CHAIRUNISSA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *