Netflix Rilis Aplikasi Gaming Controller di App Store

Netflix Rilis Aplikasi Gaming Controller di App Store

TEMPO.CO, JakartaNetflix telah merilis aplikasi Gaming Controller baru di App Store untuk perangkat iOS dan iPadOS. “Aplikasi ini akan memungkinkan pengguna memainkan judul game yang didukung dari Netflix di TV dengan memasangkan ponsel atau tablet mereka,” demikian dikutip dari GSM Arena, 10 Agustus 2023. 

Namun, aplikasi ini belum berfungsi karena Netflix masih akan memberikan sentuhan akhir. Contoh gambar sudah terlihat, di mana tata letak pengontrol menampilkan stik arah di sisi kiri, tombol A-B-X-Y di kanan serta tombol Netflix dan menu di tengah. Bagi pengguna Android harap bersabar, karena perusahaan tidak menyebutkan waktu rilis untuk versi Android.

Sejauh ini, Netflix Games mendukung lebih dari 50 game seluler tanpa iklan dan tanpa pembelian dalam aplikasi. Layanan ini disertakan dengan setiap keanggotaan Netflix dan berfungsi di ponsel dan tablet Android serta perangkat iPhone, iPad, dan iPod touch.

Netflix memang terlihat berencana untuk berkembang di luar game seluler. Pada Oktober 2022, VP gaming Netflix Mike Verdu memberi tahu penonton di acara TechCrunch Disrupt, “Netflix sedang menjajaki penawaran cloud gaming,” kata Mike saat itu, dikutip dari Techcrunch.

Dia juga menyatakan bahwa perusahaan akan membuka studio game baru di California Selatan, dipimpin oleh Chacko Sonny, mantan produser eksekutif Overwatch di Blizzard Entertainment.

Mike juga berusaha meyakinkan bahwa langkah Netflix bukan sebagai  pesaing di ruang yang sama dengan PlayStation atau Xbox. “Ini adalah nilai tambah. Kami tidak meminta Anda untuk berlangganan sebagai pengganti konsol,” kata Verdu saat itu. 

Iklan

Menurutnya, Netflix melakukan model bisnis yang sama sekali berbeda. Ia juga berharap pemain dapat  bermain game di mana pun ia berada.

Sementara layanan cloud gaming lainnya telah gagal, seperti Google Stadia, Netflix yakin masalahnya ada pada model bisnis, bukan teknologinya. Verdu mengatakan bahwa game Stadia menyenangkan untuk dimainkan, tetapi bisnisnya sendiri tidak berkelanjutan.

Netflix, di sisi lain, menggabungkan game gratis ke dalam biaya langganan streamingnya. Karena Netflix terus meluncurkan lebih banyak game ke layanannya, VP game eksternal Netflix, Leanne Loombe, pada bulan Mei 2023 menggembar-gemborkan ambisi cloud gaming Netflix, dengan mengatakan, “Kami yakin bahwa cloud gaming akan memungkinkan kami menyediakan akses mudah ke game di layar mana pun.”

Visi keseluruhan perusahaan membuat para pelanggannya dapat bermain game di perangkat Netflix apapun yang mereka miliki, sebuah pernyataan yang jelas mencakup TV pengguna.

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *