Pantauan BMKG, 32 Persen Wilayah Jawa Barat Tanpa Hujan 1-2 Bulan

Pantauan BMKG, 32 Persen Wilayah Jawa Barat Tanpa Hujan 1-2 Bulan

TEMPO.CO, Bandung – Hingga sepuluh hari atau dasarian pertama Agustus 2023, sekitar 32 persen wilayah Jawa Barat telah masuk kriteria hari tanpa hujan sangat panjang. Berdasarkan hasil pemantauan Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Jawa Barat, hari tanpa hujan sangat panjang itu berlangsung selama 31-60 hari. 

Sebaran lokasinya berada di sebagian wilayah Sukabumi utara, Karawang, Subang utara, Indramayu, Cirebon, Majalengka, Kuningan, Sumedang timur, Garut utara dan sebagian kecil Cianjur tengah, serta Bandung timur.

Berdasarkan pemutakhiran analisis curah hujan dasarian pertama Agustus, menurut Kepala Stasiun Klimatologi Jawa Barat Rakhmat Prasetia, secara umum curah hujan di wilayah Jawa Barat berada pada kriteria rendah. Kondisi curah hujan yang kurang dari 50 milimeter per dasarian itu mencakup 96 persen wilayah Jawa Barat. 

“Curah hujan tinggi lebih dari 150 milimeter per dasarian terpantau di sebagian kecil wilayah di Bogor barat,” katanya lewat keterangan tertulis, Kamis 10 Agustus 2023.

Kategori hujan tinggi itu sebanyak 1 persen, sementara 3 persen merupakan hujan menengah 50-150 milimeter per dasarian. Sejauh ini nihil kategori kekeringan ekstrem di Jawa Barat.

Adapun untuk prakiraan curah hujan dasarian kedua Agustus, BMKG memprakirakan kategorinya masih rendah yaitu kurang dari 50 milimeter per dasarian. Kondisi itu mencakup seluruh wilayah Jawa Barat. Sifat hujannya umumnya di bawah normal.  

Iklan

BMKG mengimbau warga dan pihak terkait untuk terus waspada dan siap siaga terhadap potensi terjadinya kekeringan lahan dan kekurangan air bersih. 

Sebelumnya diberitakan, pada sepekan ini hanya lima daerah di Jawa Barat yang masih berpotensi turun hujan. Berdasarkan prakiraan BMKG Stasiun Klimatologi Jawa Barat periode 7-13 Agustus 2023, potensi hujan hanya sebanyak dua hari.

Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada skala lokal masih berpotensi terjadi di sebagian wilayah Jawa Barat. Sedangkan prakiraan hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat pada skala lokal dan berdurasi singkat, yaitu pada Senin, 7 Agustus 2023. Wilayahnya Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Sukabumi, dan Cianjur.

Sementara pada Rabu, 9 Agustus 2023, potensi cuaca hujan di wilayah Kabupaten dan Kota Bogor. Selain dua hari itu di daerah lain, nihil potensi hujan lebat hingga sangat lebat dalam durasi singkat. 

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *