Pertamina Gencarkan UMKM Tembus Pasar Ekspor

Pertamina Gencarkan UMKM Tembus Pasar Ekspor
Foto : Pertamina.

Sebagai bagian dari dukungannya terhadap kerja sama Tiongkok – ASEAN, PT Pertamina (Persero) membawa produk-produk unggulan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) pada Paviliun Indonesia di China ASEAN Expo (CAEXPO) ke-20, di Nanning, Tiongkok. Keikutsertaan UMK binaan Pertamina ini menunjukkan komitmen untuk mengembangkan UKM Indonesia supaya dapat go global masuk ke pasar ekspor.

Sebanyak 10 UKM terpilih menampilkan lebih dari 70 produk khas Indonesia berkualitas dan ramah lingkungan. Mengusung tema ‘Asli Indonesia, Asli Kerennya’, Pertamina membawa Mitra Binaan terbaik dari seluruh Indonesia yakni  Woodeco, Move Leather, Bali Ayu, D’ethnick Mutiara Lombok, Indang Apang Gallery, Ethneeq, Akar Dewa Jati, Logok Kreatif, Bahalap, dan Pesona Handicraft Indonesia. Selain berkesempatan menampilkan dan memasarkan produk terbaiknya kepada para pengunjung, Pertamina juga memfasilitasi peluang kerja sama dari pasar Asia ke para UKM ini.

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin optimistis produk Indonesia semakin dikenal  dunia Internasional dan dapat terjalin kerja sama berkelanjutan, sehingga dapat membuka akses pasar internasional. “Ini merupakan satu bukti bahwa CAEXPO sebagai kolaborasi promosi perdagangan untuk terus membawa hasil konkret dan positif bagi pebisnis Indonesia, ASEAN, dan Tiongkok,” ungkap Ma’ruf  yang menghadiri pameran tersebut

Wapres Amin membuka China ASEAN Expo di Paviliun City of Charm Indonesia  atau ‘Paviliun Komoditas Indonesia’ pada Minggu, 17 September 2023 di Exhibition Hall D Nanning International. Acara ini juga dihadiri oleh Zhou Jiabin, Wakil Ketua Komite Tetap Kongres Rakyat Guangxi Zhuang Daerah Otonomi. Perwakilan Indonesia sebagai Country of Honor Caexpo 2023 yakni Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok, Djauhari Oratmangun, Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Didi Sumedi, Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Edy Pratowo serta Ketua Dekranasda Kalimantan Tengah, Yulastri Ivo.

Forum tersebut menggelar beragam agenda, salah satunya promotion conference. Pertamina berkesempatan untuk mempresentasikan produk unggulan Rumah BUMN (RB) Palangkaraya dan Seruyan. Seperti Indang Apang Galeri, salah satu UMKM RB yang menjadikan rotan sebagai bahan baku utama, yang berharap dapat menjadikan olahan rotan sebagai trendsetter fashion, sehingga pada akhirnya berdampak positif bagi perekonomian masyarakat lokal.

VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso, mengapresiasi partisipasi UMK di China ASEAN Expo 2023. Selain membangun pasar internasional, pelaku UMK berpotensi menjalin kerja sama bisnis dengan mitra potensial. “Pertamina melihat potensi dan peluang UKM untuk go internasional sangat besar, sehingga kesempatan UKM untuk masuk ke pasar ekspor terbuka lebar. Produk kreatif karya anak bangsa dapat bersaing dengan produk di lingkup regional maupun internasional, karena memiliki kualitas yang tidak kalah,” ujar Fadjar dalam siaran pers yang dikutip pada Rabu (20/09/2023).

Pameran internasional merupakan salah satu langkah konkret Pertamina mewujudkan kemajuan UKM binaannya, seperti CAEXPO. Program peningkatan UKM ini juga menjadi komitmen Pertamina dalam mendukung implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Indonesia dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs) sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasional Pertamina.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian SDG’s. Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan ESG di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *