PPP Sebut Soal Kabar Sandiaga Uno Tak Dipilih Cawapres Ganjar Pendapat Pribadi Arsul Sani

PPP Sebut Soal Kabar Sandiaga Uno Tak Dipilih Cawapres Ganjar Pendapat Pribadi Arsul Sani

TEMPO.CO, Jakarta – Pernyataan Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani soal kemungkinan Sandiaga Uno tak dipilih jadi bakal cawapres Ganjar Pranowo menuai polemik di tubuh partai itu. Juru bicara PPP Usman M. Tokan mengaku heran dengan pernyataan Arsul tersebut.

Ia mengatakan sebagai ahli hukum, Arsul seharusnya paham apa yang dibicarakannya telah melampaui kewenangannya dan melebihi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga atau AD/ART partai.

“Seharusnya beliau tawadhu,” kata Usman dalam keterangan tertulisnya hari ini, Rabu, 9 Agustus 2023.

Ia juga menyayangkan pernyataan Arsul selaku orang yang sudah diberikan kepercayaan sebagai Wakil Ketua Umum DPP PPP dan Wakil Ketua MPR RI, yang menurutnya kedua jabatan itu adalah penghargaan dari partai kepada Arsul.

“Seharusnya dia memahami betul mekanisme yang ada di tubuh Partai Persatuan Pembangunan,” ujarnya.

Sebelumnya, Arsul Sani menyebut internal partainya mendengar adanya kemungkinan bahwa Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Umum (Bappilu) Sandiaga Uno tidak dipilih jadi calon wakil presiden bagi Ganjar Pranowo. Sehingga, kata dia, diskursus ihwal sikap PPP ke depan serta arah koalisi mulai mencuat di internal partai.

“Muncul seperti itu kan pasti, kan teman-teman di PPP juga mendengar ada kemungkinan Pak Sandi juga tidak dipilih. Kan begitu,” kata Arsul saat ditemui di ruangannya di kawasan Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 8 Agustus 2023.

Ustman kemudian mengatakan, pernyataan Arsul Sani itu merupakan pendapat pribadi dan bukan pernyataan resmi dari partai.

Iklan

Usman menerka apa yang dilontarkan oleh Arsul ini mungkin karena ia tidak pernah mengikuti perkembangan yang ada di internal partai. Diakui olehnya bahwa Arsul Sani selama ini memang tidak pernah hadir dalam rapat pengurus harian (PH) Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Ia juga menyarankan agar Arsul segera tabayun. “Atau ini karena memang beliau tidak mengikuti perkembangan yang ada di internal partai? Memang selama ini beliau tidak pernah hadir dalam rapat PH DPP, sebaiknya beliau segera tabayun,” ujarnya. 

Arsul Sani Sebut Itu Pendapat Pribadi

Arsul Sani menyebut pernyataannya soal kemungkinan Sandiaga Uno tidak dipilih jadi cawapres Ganjar Pranowo merupakan pendapat pribadi. Sebelumnya, Arsul menyebut kemungkinan Sandiaga tak menjadi cawapres Ganjar membuat diskursus ihwal sikap PPP ke depan serta arah koalisi mulai mencuat di internal partai.

“Kan yang saya sampaikan pendapat saya,” kata Arsul di kawasan Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu, 9 Agustus 2023. 

Arsul mengklaim saat ini kondisi partainya tidak terjadi gejolak apapun mengenai dugaan Sandiaga gagal jadi cawapres Ganjar. Menurut dia pihaknya hanya saling tabayyun atau berprasangka baik satu sama lain. “Kami juga tak pernah berpikir tentang gagal,” kata Arsul.

Pilihan Editor: Sandiaga Uno Soal Kemungkinan Tak Jadi Cawapres Ganjar: Saya Serahkan ke Pimpinan Parpol

I GUSTI AYU PUTU PUSPASARI | M JULNIS FIRMANSYAH



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *