Profil FamilyMart, Perusahaan Retail Asal Jepang yang tengah Gencar Ekspansi

Profil FamilyMart, Perusahaan Retail Asal Jepang yang tengah Gencar Ekspansi
Salah satu gerai FamilyMart (Foto Wikipedia).
Salah satu gerai FamilyMart (Foto Wikipedia).

Gerai retail dan convenience store asal Jepang, FamilyMart, membuka 5 cabang di Surabaya secara serentak pada Jumat, 22 September 2023. FamilyMart perusahaan retail yang  ini telah sukses melebarkan sayapnya hingga ke beberapa negara di seluruh dunia, seperti Thailand, China, Vietnam, Taiwan, Korea Selatan, hingga Indonesia.

Franchise dari Convenience Store (CVS) ini digandeng oleh perusahaan bisnis retail food and beverage PT Fajar Mitra Indah yang melakukan ekspansi outlet FamilyMart di Surabaya, yakni di Kawasan Jalan Embong Malang, Bandara T1 Juanda, The Square UK Petra, Mulyosari dan CitraLand.

FamilyMart juga menargetkan akan membuka 15 outlet di Surabaya hingga Desember 2023. Lalu, pada akhir 2024, berencana membuka total 50 toko sehingga masyarakat Surabaya lebih mudah menjangkau FamilyMart untuk berbelanja.

FamilyMart di Indonesia juga berupaya untuk menarik warga lokal sebagai tenaga kerja sekaligus produk UMKM untuk dijajakan di gerai tersebut. Simak profil FamilyMart dan sepak terjangnya di dunia bisnis berikut.

Berdirinya supermarket sebelum FamilyMart pada 1971-1973

Keberadaan supermarket di Jepang terus berkembang dengan pesat hingga paruh kedua tahun 1960an. Saat itu, supermarket di Jepang menangani segala hal mulai dari makanan hingga pakaian. Convenience store UNY didirikan bersama oleh Nishikawaya Chain Co., Ltd., (didirikan tahun 1912), Hoteiya Co., Ltd., (didirikan pada tahun 1927), dan Takihyo Co., Ltd., (didirikan pada tahun 1751).

Dilansir dari laman resmi FamilyMart, pada 1971, Nishikawaya dan Hoteiya bergabung dan UNY Co., Ltd., didirikan. Saat itu, UNY berhasil menggulirkan bisnis CVS Circle K Sunkus dan bisnis GMS yang berpusat di wilayah Chukyo dan telah berkontribusi dalam pembentukan masyarakat berkelanjutan sebagai perusahaan eco-first yang memimpin industri dengan komitmennya terhadap lingkungan.

Lalu, tahun 1973 Seiyu Stores, Ltd., mulai mengembangkan toko ritel berbasis komunitas sebagai bisnis baru dan membuka toko pertama di Sayama, Saitama. Toko ritel tersebut bernama FamilyMart, karena dimaksudkan untuk pengembangan timbal balik antara pelanggan FamilyMart, pewaralaba, dan kantor pusat dengan hubungan kekeluargaan. 

Sambil mendukung kehidupan sehari-hari pelanggan melalui toko-toko yang dekat dengan mereka, FamilyMart telah menangani pengembangan masalah komunitas dan lingkungan yang aman dan dapat diandalkan.

Awal berdirinya FamilyMart di Jepang

FamilyMart merupakan jaringan toko serba ada pertama yang buka 24 jam sehari di Jepang. FamilyMart menjual barang kebutuhan pokok seperti majalah, makanan ringan, minuman, bahan pokok, dan lainnya.

Selain itu, FamilyMart juga beroperasi di segmen convenience store juga berfokus pada bisnis terkait perdagangan elektronik, yang menyediakan layanan seperti layanan akuntansi, bisnis kartu kredit, dan bisnis manufaktur makanan.

Toko pertamanya dibuka pada tahun 1988 dan berkantor pusat di Tokyo, Jepang. Saat ini, FamilyMart telah mengoperasikan lebih dari 20.000 toko di Jepang dan negara lain di seluruh dunia. 

Dilansir dari laman FamilyMart, covenience store ini berdiri dari keyakinan bahwa harus ada cara yang lebih baik untuk menyediakan produk dan layanan kepada pelanggan yang mudah diakses dan terjangkau.

Bahkan, FamilyMart telah diakui atas komitmennya terhadap keberlanjutan, keberagaman dan inklusi, serta layanan pelanggan di industri toko serba ada. 

Toko ini telah dianugerahi Toko Serba Ada Terbaik di Jepang pada 2020, Penghargaan Keunggulan Layanan Pelanggan tahun 2019, dan Jaringan Toko Serba Ada Terbaik pada 2018.

Itochu Group jadi pemilik saham terbesar FamilyMart 

Pada awalnya, FamilyMart dimiliki oleh Seiyu, tetapi akhirnya sahamnya dibeli oleh Itochu Group pada Februari 1998, sekaligus menjadikan Itochu sebagai pemegang saham terbesar. Saham FamilyMart mulai diperdagangkan di Bursa Saham Tokyo  pada Desember 1987.

Sedangkan pemilik CVS FamilyMart di Indonesia yakni Eddy William Katurari. Dilansir dari laman resmi perusahaan, disebutkan bahwa PT Fajar Mitra Indah merupakan Franchisee atau pemegang lisensi tunggal dan pendiri FamilyMart Indonesia.

Di Indonesia, FamilyMart didirikan atas kerja sama dengan PT Fajar Mitra Indah, anak perusahaan Wings Group. Lalu, pada 31 Maret 2013, FamilyMart telah membuka 6 gerai di Jakarta. Gerai pertama dibuka pada 16 Oktober 2012 di Cibubur, gerai kedua di Jalan Bulungan, Jakarta Selatan pada 17 November 2012. 

Kemudian, pembukaan gerai FamilyMart ketiga di Pejaten, Jakarta Selatan, gerai keempat di Kelapa Gading, Jakarta Utara, dan kelima di Thamrin Residence Apartment, Jakarta Pusat.

Sumber: Tempo.co



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *