PSSI: FIFA Tunjuk Konsultan Australia untuk Bantu Renovasi Rumput JIS

PSSI: FIFA Tunjuk Konsultan Australia untuk Bantu Renovasi Rumput JIS

TEMPO.CO, Jakarta – Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga mengatakan pihaknya sedang diburu tenggat waktu untuk menyelesaikan renovasi Jakarta International Stadium (JIS) agar dapat digunakan untuk Piala Dunia U-17 2023.

FIFA telah melakukan inspeksi ke empat stadion yang diajukan sebagai tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023. JIS menjadi arena dengan catatan terbanyak mulai dari akses keluar-masuk stadion hingga rumput. “Kita sedang diburu tenggat untuk memperbaiki agar catatan FIFA bisa kita tuntaskan secara baik yakni soal perbaikan rumput dan akses ke stadion,” ujar dia pada Kamis, 10 Agustus 2023.

Untuk menyelesaikan berbagai catatan FIFA, PSSI bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Selain itu, FIFA juga telah menunjuk konsultan dari Australia khusus untuk perbaikan rumput JIS. “Karena waktu yang sudah sangat mepet, maka pekerjaan ini dilakukan melibatkan lintas instansi dan juga rekanan internasional yang biasa terlibat di sejumlah agenda FIFA,” kata Arya.

Pria yang menjabat juga sebagai Staf Khusus III Menteri BUMN itu menyebutkan bahwa JIS memerlukan renovasi lebih mendasar dibanding tiga stadion lain seperti Stadion Manahan Solo, Stadion Si Jalak Harupat Bandung, dan Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.

Tiga stadion tersebut sebelumnya sudah lebih dulu direnovasi untuk Piala Dunia U-20 yang akhirnya batal digelar di Indonesia. Dengan begitu, PSSI bisa lebih fokus untuk merenovasi Jakarta International Stadium.

Iklan

Arya menyayangkan adanya pihak-pihak yang memanfaatkan situasi ini untuk kepentingan politik. “Piala Dunia U-17 ini bukan perkara orang per orang atau kelompok, tapi soal marwah bangsa. Jadi stadion diperbaiki memang merupakan kewajaran, karena toh semua stadion melalui fase itu. Kali ini giliran perbaikan JIS, kok malah digoreng di luar isu sepak bola?,” tutur dia.

Piala Dunia U-17 2023 dijadwalkan berlangsung pada 10 November sampai 2 Desember 2023. FIFA telah menyepakati ajang dua tahunan itu digelar terpusat di Pulau Jawa dengan empat stadion sebagai tempat menyelenggarakan pertandingan, yakni JIS, Stadion Manahan Solo, Stadion Si Jalak Harupat Bandung, dan Stadion Gelora Bung Tomo.

Pilihan Editor: 4 Fakta Terbaru Piala Dunia U-17 2023: Pembukaan di JIS, Biaya Renovasi Tak Sampai Rp 100 Miliar



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *