Saham ADES Tiba-tiba Loncat Nyaris 18%, Ada Apa?

Saham ADES Tiba-tiba Loncat Nyaris 18%, Ada Apa?

Jakarta, CNBC Indonesia – Emiten industri air minum dalam kemasan yakni PT Akasha Wira International Tbk (ADES) terpantau melonjak pada perdagangan sesi II Rabu (26/7/2023).

Per pukul 14:39 WIB, saham ADES melejit 17,59% ke posisi Rp 11.700/saham. Pada hari ini, saham ADES bergerak di rentang harga Rp 9.975 – Rp 11.875 per saham.

Saham ADES sudah ditransaksikan sebanyak 430 kali dengan volume sebesar 326.100 lembar saham dan nilai transaksinya sudah mencapai Rp 3,56 miliar. Adapun kapitalisasi pasarnya saat ini mencapai Rp 6,9 triliun.

Kenaikan ini membuat emiten air mineral dengan brand Nestlé Pure Life tersebut menguat selama 3 hari beruntun.

Hingga pukul 14:39 WIB, di order bid atau beli, antrian beli terbanyak berada di harga Rp 11.375/saham yang mencapai 122 lot atau sekitar Rp 138,8 juta.

Sedangkan di order offer atau jual, antrian jual terbanyak berada di harga Rp 11.925/saham atau batas atasnya pada hari ini, yakni mencapai 418 lot atau sekitar Rp 498,5 juta.

Belum diketahui penyebab pasti melesatnya harga saham ADES pada hari ini. Namun, investor sepertinya sedang menanti rilis laporan keuangan perseroan.

Kabar terbaru, emiten yang juga produsen produk kosmetika Makarizo tersebut menganggarkan belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp80 miliar di 2023.

Secara umum alokasi capex tahun ini digunakan untuk meningkatkan kapasitas produksi, otomatisasi, hingga investasi sistem informasi dan distribusi.

Sepanjang tiga bulan pertama 2023, perseroan telah merealisasikan capex sebesar Rp19 miliar. Kendati tidak merinci detil penggunaannya, tetapi saat ini ADES tengah fokus melakukan investasi sejumlah infrastruktur, seperti kapasitas produksi, mesin, otomatisasi, gudang, hingga kantor.

CNBC INDONESIA RESEARCH

[email protected]

Sanggahan: Artikel ini adalah produk jurnalistik berupa pandangan CNBC Indonesia Research. Analisis ini tidak bertujuan mengajak pembaca untuk membeli, menahan, atau menjual produk atau sektor investasi terkait. Keputusan sepenuhnya ada pada diri pembaca, sehingga kami tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan tersebut.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Tak Hanya Bank Biasa, Saham Bank Digital Juga Ambles


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *