Sands Bosum Business Buka Sekolah Bisnis di Indonesia

Sands Bosum Business Buka Sekolah Bisnis di Indonesia
Zeng Renwei, Chairman Sands Bosum Business, Co-founder and Dean of Bosum Institute of Management Science

Sands Bosum Business, institusi pendidikan asal Tiongkok dengan spesialisasi pendidikan manajemen perusahaan, ekspansi ke Indonesia. Fokus utama institusi ini pada usaha kecil dan menengah (UKM) melalui program pendidikan dan pelatihan terintegrasi.

Dengan kondisi di Indonesia yang tengah mengalami pertumbuhan wirausaha yang positif dengan rasio wirausaha sebesar 3,47% dari total populasi berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS). Namun, jumlah wirausahawan di Indonesia masih relatif rendah dibandingkan dengan negara-negara tetangga seperti Singapura (8,7%), Malaysia (4,7%), dan Thailand (4.2%). Hal ini disebabkan oleh banyaknya tantangan dan kurangnya pengetahuan bisnis yang dihadapi oleh para wirausahawan baru dan calon wirausahawan yang ingin menjalankan bisnis mereka secara efektif.

Berdasarkan survei terhadap lebih dari 200 pemilik bisnis Indonesia yang dilakukan oleh Sands Bosum Business sebelumnya, tantangan utama yang saat ini dihadapi oleh pemilik bisnis Indonesia meliputi pelatihan tim untuk mencapai kinerja yang lebih tinggi, perencanaan manajemen dan penjualan, serta pengoptimalan model bisnis. Selain itu, pengusaha Indonesia memiliki kebutuhan untuk mengembangkan koneksi dengan perusahaan domestik dan Asia Tenggara lainnya guna memperluas bisnis mereka, sementara itu sebagian besar responden juga menyatakan perlunya melakukan kunjungan ke perusahaan-perusahaan terkemuka untuk memperluas wawasan.

Tantangan-tantangan tersebut membuat Sands Bosum Business untuk menyediakan berbagai macam program pelatihan komprehensif yang dapat memenuhi kebutuhan UKM. Difasilitasi oleh lebih dari 100 instruktur dengan rata-rata pengalaman lebih dari 15 tahun menangani perusahaan Fortune 500 dan melatih UKM, dipadukan dengan kegiatan praktis bagi para pengusaha untuk menerapkan apa yang telah dipelajari, Sands Bosum Business berupaya untuk memastikan setiap pengusaha yang berpartisipasi dalam program ini dapat meraih hasil yang diinginkan.

Sands Bosum Business juga sering melakukan kunjungan ke perusahaan-perusahaan kelas dunia seperti ByteDance, Xiaomi, Huawei, Mideo, dan banyak lagi. Kunjugan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengalaman belajar bagi para wirausahawan dan memungkinkan mereka dalam memperoleh pengetahuan langsung terkait cara operasi perusahaan yang sukses secara global.

Zeng Renwei, Chairman Sands Bosum Business, Co-founder and Dean of Bosum Institute of Management Science menjelaskan bahwa misi perusahaan adalah memberdayakan pelaku bisnis Asia Tenggara dan memaksimalkan pertumbuhan bisnis mereka. “Bosum memiliki pengalaman lebih dari 17 tahun dalam mendukung UKM untuk mencapai pertumbuhan yang terukur. Dengan beragam pelatihan praktis yang didukung oleh lebih dari 100 instruktur berpengalaman di bidangnya, kami dapat berkontribusi dalam pengoperasian bisnis yang optimal, yang pada akhirnya mendorong munculnya wirausahawan baru di Indonesia,” ungkapnya.

Sejak didirikan tahun 2006, Bosum Institute of Management Science yang berbasis di Shenzhen, perusahaan induk dari Sands Bosum Business, membuktikan pencapaiannya dengan membantu bisnis-bisnis dari berbagai industri di lebih dari 12 kota besar Tiongkok melalui program pelatihan manajemen yang memenuhi beragam kebutuhan UKM. Hingga saat ini, Bosum telah berhasil merumuskan lebih dari 30 kursus manajemen khusus.

Pencapaian ini dimungkinkan berkat tim yang terdiri lebih dari 100 instruktur dengan rata-rata lebih dari 15 tahun pengalaman mengajar dan melatih di industri, memastikan bahwa program dan pelatihan yang diberikan terbukti efektif di lapangan.

Selain itu, dengan banyaknya bisnis yang beroperasi di industri yang berbeda, kebutuhan pelatihan UKM akan berbeda dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Oleh sebab itu, Sands Bosum Business menawarkan beragam program pelatihan yang memenuhi kebutuhan bisnis yang variatif, seperti perumusan strategi, pemasaran dan branding, pengoptimalan media sosial, pengoperasian bisnis, dan banyak lagi.

Seluruh program pelatihan tersebut diformulasikan berdasarkan “Bosum Triangle”, sebuah pendekatan yang dikembangkan oleh Zeng sendiri, berfokus pada tiga faktor utama dalam pengembangan perusahaan – perencanaan tujuan strategi yang jelas, pengoperasian organisasi yang efisien, dan pengembangan kepemimpinan.

“Menjalankan bisnis merupakan hal menantang yang mengharuskan kita untuk selalu beradaptasi dengan perubahan. Kami percaya bahwa Sands Bosum Business dapat memberikan dukungan yang dibutuhkan para pelaku bisnis. Kami berharap kami dapat menerima respons positif di Indonesia,” ujar Zeng dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (05/10/2023).

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *