Toyota Gazoo Racing Indonesia Catat Rekor di Balap GT4 Asia 2023

Toyota Gazoo Racing Indonesia Catat Rekor di Balap GT4 Asia 2023

Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) berhasil menyelesaikan debutnya di ajang balap touring GT World Challenge Asia 2023 dengan meraih beberapa prestasi baru sekaligus memecahkan rekor lap tercepat di dua sirkuit yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan balap bergengsi ini. Prestasi itu adalah cetak rekor lap tercepat di Thailand dan Malaysia, dominasi podium pertama di ajang GT4 dan meraih runner up championship dalam debutnya di GT4 Asia 2023

Tahun ini, dalam rangkaian GT World Challenge Asia 2023, SRO Motorsport Group sebagai penyelenggara telah melangsungkan kejuaraan  sebanyak enam putaran sebagai berikut : 13-14 Mei 2023,  Chang International Circuit, Thailand, 17-18 Juni 2023 – Fuji International Speedway, Jepang,  15-16 Juli 2023, Suzuka International Circuit, Jepang, 22-23 Juli 2023, Motegi Circuit, Jepang, 19-20 Agustus 2023, Okayama International Circuit, Jepang dan 23-24 September 2023, Sepang International Circuit, Malaysia

Sebagai langkah awal di level Asia, TGRI, memilih tiga putaran sebagai bagian dari development mobil balap Toyota GR Supra GT4 Evo, yakni Thailand, Jepang dan Malaysia. Hasilnya, dari tiga kali balap yang diikuti tersebut hasilnya memberikan pencapaian yang gemilang.

Toshio Obara, Presiden Direktur TCD Asia Pacific Indonesia sekaligus Advisor Toyota Gazoo Racing Indonesia mengatakan, keikutsertaan ini tidak hanya sebagai ajang eksistensi terkait komitmen mereka di ajang balap Asia, tetapi juga sebagai ajang development baik mobil balap ataupun Sumber Daya Manusia. “Keikutsertaan kami dalam GT World Challenge Asia 2023 untuk melatih orang serta mengembangkan potensi mobil. Meski terbatas, namun kami juga melakukan banyak hal karena kami dari TCD (Toyota Customized Development) memiliki tanggung jawab untuk pengembangan mobil seperti aero parts, suspensi, dan kita banyak belajar dari balapan ini,” jelasnya.

Pengembangan yang dilakukan dari satu balapan ke balapan lain, sukses melahirkan pencapaian brilian di mana pada seri pertama yang diselenggarakan di Chang International Circuit, Thailand.  Dua pembalap yang menjadi tumpuan TGRI yakni Haridarma Manoppo dan Seita Nonaka, mampu menorehkan lap tercepat mobil balap GT4 di sirkuit tersebut.

Pada seri kelima yang berlangsung di Okayama International Circuit, Jepang, tim pabrikan ini kembali mendapatkan pencapaian yang lebih impresif di mana mereka berhasil mendapatkan data baru terkait pengembangan mobil lantaran perjuangan dalam meraih podium pertama terjadi begitu sengit.

Pada race pertama, kerjasama Haridarma Manoppo dan Seita Nonaka serta dibantu oleh tim engineer dari Jepang dan Indonesia, mampu memberikan strategi kemenangan sehingga bisa meraih podium pertama. Begitupun pada race kedua, perjuangan kedua pembalap ini masih membuahkan hasil podium kedua.

“Banyak data yang kami dapat dari balap GT4 ini. Terlebih saat di Okayama, Jepang, selain balapannya dipisah dengan GT3, kita juga mendapatkan lawan yang lebih banyak. Ada beberapa hal yang kita pelajari di sana, apalagi terkait mobil balap karena memang mulai dari sirkuit yang berpindah-pindah serta hal ini penting untuk pembalap kita terutama Haridarma Manoppo,” ujar Dimitri Fitra Ditama, Direktur Toyota Gazoo Racing Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *