Trail Run UGM Ajak Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan Lari di Kawasan Rawan Bencana Merapi

Trail Run UGM Ajak Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan Lari di Kawasan Rawan Bencana Merapi

TEMPO.CO, Yogyakarta – Trail Run 2023 Universitas Gadjah Mada (UGM) digelar di kawasan wisata Kaliurang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY),  pada Minggu, 1 Oktober 2023. Lokasi lomba lari yang menantang ini merupakan kawasan di lereng Gunung Merapi yang merupakan rawan bencana jika terjadi erupsi.

Panitia mengajak tokoh-tokoh, baik internal kampus maupun tokoh nasional untuk ikut lomba lari. Yang tak luput untuk diajak adalah tokoh nasional seperti Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan yang merupakan alumni UGM. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno juga akan diajak ikut lomba lari. Mereka di kancah politik nasional merupakan tokoh yang dihadapkan sebagai bakal calon presiden maupun wakil presiden.

“Tokoh-tokoh kami ajak. Bukan politis, tetapi mengajak olahraga, peduli lingkungan, dan penggalangan amal beasiswa untuk mahasiswa” kata Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, Pengabdian Masyarakat dan Alumni UGM, Dr. Arie Sujito, di Balairung UGM, Rabu, 9 Agustus 2023.

Ia menyebut, kegiatan ini bisa memotivasi tumbuhnya pola hidup sehat di masyarakat. Selain itu juga mampu membangun kesadaran terhadap lingkungan serta menggugah kepedulian masyarakat lewat penggalangan dana untuk beasiswa mahasiswa yang membutuhkan.

UGM, kata sosiolog ini, memiliki misi besar membangun kampus sehat dengan memfasilitasi pelibatan alumninya mengembangkan kegiatan lari sebagai bagian memotivasi tumbuhnya hidup sehat. Juga peduli lingkungan serta memperkuat komitmen membantu masyarakat yang membutuhkan melalui dukungan beasiswa.

Ia mengatakan kolaborasi Losergeek.org UGM dan Kagama (Keluarga Alumni Gadjah Mada) lewat UGM Trail Run menjadi salah satu bentuk untuk mewujudkan hal itu. Melalui kegiatan olahraga trail run diharapkan bisa membangun masyarakat yang sehat, peduli terhadap lingkungan sekaligus mewujudkan cita-cita kemanusiaan.

UGM Trail Run merupakan kegiatan rutin tahunan dalam rangkaian peringatan Dies Natalis UGM. Trail Run pertama pada 2019 diikuti sebanyak 500 peserta dan pada tahun ini ditargetkan ada sebanyak 1.500 peserta yang diharapkan bisa berkontribusi dalam kegiatan tersebut.

Iklan

Ketua Panitia UGM Trail Run, yang juga Ketua Umum Kagama Lari untuk Berbagi, Nugroho Dewayanto, mengatakan kegiatan Trail Run tahun ini mengambil lokasi di Lapangan Karang Pramuka, Kaliurang. Kegiatan ini terbuka untuk umum dengan kategori race terbagi dalam empat yakni untuk umum 5 km, 10 km, 21 km, dan kategori grup Kagama 10 km. “Berbeda dengan tahun sebelumnya yang dilaksanakan di Hutan Wanagama, kali ini mengambil tempat di Kaliurang tentu akan memberikan pengalaman berlari yang berbeda,” kata dia.

Rute yang akan dilalui para pelari yaitu menyusuri perbukitan sekaligus menikmati keindahan lereng selatan Gunung Merapi, kawasan Kaliurang, Kali Kuning, Kali Adem, serta Bukit Turgo. Jalanan yang dilalui para pelari menyuguhkan pemandangan yang indah dan udara yang tergolong lebih dingin dibandingkan di area hutan Wanagama Gunung Kidul.

Lomba lari bertajuk Run Edu Care ini peserta tidak hanya berlari namun juga berkesempatan ikut dalam kegiatan amal yang ditujukan untuk beasiswa mahasiswa UGM. Ada kegiatan penggalangan dana beasiswa melalui UGM Trail Run, khususnya di kategori grup Kagama 10 km.

Demi keamanan dan keselamatan para peserta lari, pihak penyelenggara menggandeng tim medis. Juga para stakeholder di bidang kebencanaan seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), pihak Taman Nasional Gunung Merapi, dan lainnya.

Pilihan Editor: PSKP UGM dan PBNU Luncurkan Buku, Berinisiatif Jadikan Agama Sumber Solusi



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *